Share

Menyusun Kalimat Dasar

文(ぶん)の 作(つく)り方(かた) Cara menyusun/membuat kalimat.
Pergi.
いきます。

Saya pergi.
わたしは     いきます。

Saya pergi ke Oosaka.
わたしは  おおさかへ いきます。


Besok saya pergi ke Oosaka.
あした わたしは  おおさかへ いきます。
わたしは あした  おおさかへ いきます。

Besok saya pergi ke Oosaka naik kereta listrik.
あした わたしは   でんしゃで おおさかへ いきます。

Besok saya pergi ke Oosaka bersama teman naik kereta listrik.
あした わたしは    ともだちと でんしゃで おおさかへ いきます。

Besok pagi saya pergi ke Oosaka bersama teman naik kereta listrik.
あしたの あさ わたしは ともだちと でんしゃで おおさかへ いきます。

Besok jam 8 saya pergi ke Oosaka bersama teman naik kereta listrik.
あした 8じに わたしは ともだちと でんしゃで おおさかへ いきます。

Belajar.
べんきょうします。

(Telah) belajar.
べんきょうしました。

Saya belajar. (bentuk lampau)
わたしは  べんきょうしました。

Saya belajar bahasa Jepang.
わたしは     にほんごを べんきょうしました。

Kemarin saya belajar bahasa Jepang.
きのう わたしは     にほんごを べんきょうしました。

Kemarin saya belajar bahasa Jepang di sekolah.
きのう わたしは がっこうで     にほんごを べんきょうしました。

1 komentar:

Herman cyril said...

gan klo ini (ょ) Artinya apa si .?

Post a Comment

Yoku renshuu shite kudasai ne. Practice it often. Sering-sering berlatih ya