Share

Museum Nasional Kyushu

Museum Nasional Kyushu (九州国立博物館 Kyushu Kokuritsu Hakubutsukan?) adalah museum sejarah yang dikelola Institut Nasional Peninggalan Budaya di DazaifuPrefektur FukuokaJepang. Museum menempati gedung berlantai 7, termasuk dua lantai bawah tanah. Lokasi museum berada di dekat Dazaifu Tenman-gū.
Berbeda dari museum nasional di TokyoKyoto, dan Nara yang lebih merupakan museum seni, Museum Nasional Kyushu adalah museum sejarah. Museum ini dibangun untuk memahami budaya Jepang dari sudut pandang Asia. Pada zaman dulu, Kyushu adalah pintu gerbang perdagangan dan pertukaran budaya dengan bangsa-bangsa lain di Asia. Koleksi museum mencakup artefak dari Zaman Batu tua hingga akhir zaman Edo.


Pembangunan museum di Kyushu sudah dicita-citakan oleh Okakura Tenshin sejak seabad sebelumnya. Pendirian museum sudah dirintis Dazaifu Tenman-gū sejak tahun 1893, namun baru terwujud pada tahun 2005.

Sejarah
Pada Juli 1893, pengurus Dazaifu Tenman-gū memiliki rencana membangun Museum Chinzei sebagai bagian dari peringatan 1000 tahun Sugawara no Michizane. Setelah disetujui Prefektur Fukuoka, mereka mulai mengumpulkan dana. Pada tahun berikutnya pecah Perang Sino-Jepang Pertama dan rencana pembangunan museum batal.
Daftar barang-barang untuk Museum Chinzei diumumkan pada tahun 1896. Di dalamnya terdapat gambar koma inutembikar sue, dan ishibōchō. Pada Februari 1899Okakura Tenshin ikut mengemukakan pentingnya pendirian museum di Kyushu. Dukungan untuk pendirian museum ditulis Mori Ōgai dalam artikel Ware o shite kyūshū no fujin tarashimeba (我をして九州の富人たらしめば?) yang dimuat Fukuoka Nichi Nichi Shimbun (sekarang Nishinippon Shimbun), 29 September 1899.
Pada Juni 1994, Kantor Kebudayaan membentuk komite penyelidikan pendirian museum baru. Pada Maret 1996, komite memutuskan pembangunan museum baru di DazaifuPrefektur Fukuoka. Rencana dasar Museum Nasional Kyushu selesai disusun pada bulan Maret 1999.
Pembangunan gedung dimulai pada bulan Maret 2002, dan selesai pada bulan April 2005. Pada bulan yang sama, badan hukum berbentuk institusi administrasi independen didirikan sebagai pengelola museum.
Museum dibuka untuk umum pada 16 Oktober 2005. Hingga 19 Februari 2006, pihak museum mengklaim total pengunjung sudah lebih dari satu juta orang. Hingga 16 November 2007, museum ini sudah didatangi lebih dari 4 juta orang pengunjung.

Koleksi
Pusaka nasional



0 komentar:

Post a Comment

Yoku renshuu shite kudasai ne. Practice it often. Sering-sering berlatih ya