Share

"Tanka" Sajak Pendek


Tanka (短歌, sajak pendek) adalah salah satu bentuk waka yang terdiri dari 5 baris, dan mengikuti pola mora: 5-7-5-7-7. Bentuk puisi ini terbentuk dan dikumpulkan pada periode akhir penyusunan Kojiki danNihon Shoki, serta periode awal penyusunan Man'yōshū (sekitar abad ke-7 hingga abad ke-8). Hingga kini, tanka masih merupakan bentuk puisi yang populer di Jepang.




 Berikut ini adalah tanka karya Kakinomoto no Hitomaro dari antologi puisi Hyakunin Isshu.Istilah tanka (sajak panjang) dipakai untuk membedakannya dari bentuk lain waka yang disebut chōka (長歌, sajak panjang). Namun chōka tidak lagi ditulis orang, sehingga waka sering hanya berarti tanka.
足日木乃Ashibiki no
山鳥之尾乃Yamadori no o no
四垂尾之Shidari o no
長永夜乎Naganagashi yo o
一鴨將宿Hitori kamo nemu
Kata ashibiki adalah salah satu ungkapan (makurakotoba) yang berarti gunung. Dari baris kedua, yamadori adalah ayam pegar berekor panjang (Yamadori no o no). Ayam pegar jantan dan betina dipercaya tidur terpisah oleh lembah gunung. Bagaikan ekor ayam pegar jantan yang panjang menjuntai (Shidari o no). Malam-malam yang panjang (Naganagashi yo o), haruskah dilewatkan tidur sendiri (Hitori kamo nemu).

1 komentar:

Siska qravity said...

sangat menambah wawasan suka sekali mampir ke blog ini

mata air le minerale

Post a Comment

Yoku renshuu shite kudasai ne. Practice it often. Sering-sering berlatih ya