Share

10 Alasan Mengapa Kota Tokyo Mempesona


Tokyo merupakan Pusat pemerintahan Jepang, rumah bagi keluarga kerajaan, serta 13 juta orang lainnya. Kota megapolitan ini memang tidak pernah tidur sepanjang tahun. Sebenarnya ada 1001 macam alasan kenapa Tokyo sangat mempesona, tapi kita rangkum saja yang terlintas di kepala. Berikut adalah 10 alasan kenapa ibukota Jepang ini menarik perhatian dunia 


1. Istana Kekaisaran Jepang

Inilah yang membuat kota Tokyo menjadi pusat perhatian para pemimpin dunia. Dibangun pada tahun 1868, Istana Kekaisaran yang menjadi lambang monarki negara Jepang ini sempat hancur karena serangan udara selama Perang Dunia II, tapi sekarang berdiri kokoh tepat di tengah kota Tokyo.

Description: Istana Kekaisaran Jepang

Bagi rakyat Jepang, keluarga kekaisaran akan terus menjadi panutan yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi. Sedangkan Istana Kekaisaran dianggap sebagai tempat yang keramat karena mempunyai sejarah panjang di negeri matahari terbit.

Alamat:
1-1 Chiyoda, Chiyoda-ku
Tokyo 100-8111
+81-(03)-3213-1111
www.kunaicho.go.جب

2. Kuil Yasukuni

Jika ada satu tempat yang selalu dijadikan permasalahan setiap tahun oleh negara China dan negara-negara lainnya yang pernah dijajah oleh Jepang, mungkin inilah tempatnya.

Description: Kuil Yasukuni

Kuil Yasukuni adalah kuil agama Shinto yang rutin dikunjungi oleh para pejabat publik di pemerintahan Jepang, termasuk sang perdana menteri dan keluarga kaisar, untuk menghormati para serdadu dan tentara Jepang yang telah berkorban nyawa demi membela Kekaisaran Jepang pada jaman dulu.

Ini adalah satu-satunya tempat dimana sang Kaisar harus berlutut.

Alamat:
3-1-1 Kudankita, Chiyoda-ku 
Tokyo 102-8246
(03)-3261-8326


3. Gadis-Gadis Harajuku

Tidak mungkin kamu ke Tokyo tapi tidak melihat para gadis belia yang berpakaian serba mencolok. Kalau kamu jalan sedikit lebih jauh, ke pusat Harajuku, mungkin kamu akan menemukan mereka-mereka yang berpakaian jauh lebih aneh dari yang pernah kamu bayangkan.
Gadis-Gadis Harajuku 

Gadis-gadis Harajuku inilah yang kemudian memelintir gaya fashion yang dulunya terkesan kaku dengan membawa jiwa pemberontak. Mereka mengambil dandanan tokoh favorit mereka di manga dan anime lalu membuat tema pakaian cosplay mereka sendiri tanpa perduli apa kata orang lain. Inilah membuat para pemain fashion dunia melirik kawasan Harajuku dengan lebih serius.

Lokasi:
Shibuya-ku
Tokyo 150-0001



4. Pasar Ikan Tsukiji

Ini adalah pasar grosir ikan terbesar di dunia. Adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang suka makan seafood untuk datang dan melihat kesibukan di pasar ikan sebesar Tsukiji.
Pasar Ikan Tsukiji 

Sekitar jam 3 pagi, kapal-kapal mulai berdatangan dari seluruh Jepang, dari Amerika, dan bahkan dari Afrika, dengan membawa banyak ikan dan hasil tangkapan lainnya yang cukup untuk memenuhi tuntutan perut sebuah negara dimana makanan laut adalah hidangan utamanya. 

Pasar ini menangani hampir semua makanan laut, lebih tepatnya 450 jenis makanan laut yang dikonsumsi oleh seluruh warga Jepang. Rajanya siapa lagi kalau bukan ikan tuna? 

Alamat:
5-2-1 Tsukiji, Chuo-ku,
Tokyo 104-0055
(03)-3547-8011
www.tsukiji-market.or.جب



5. Tokyo Disneyland

Siapa yang tidak mau ke Disneyland? Apalagi Disneyland yang satu ini terletak di kota Tokyo. Taman hiburan seluas 465,000 m² ini merupakan taman hiburan Disney pertama yang dibangun diluar Amerika Serikat.

Meskipun begitu, Tokyo Disneyland adalah satu-satunya taman hiburan Disney yang tidak dimiliki oleh Walt Disney Company, perusahaannya Disney sendiri, melainkan dimiliki oleh The Oriental Land Company, perusahaan asli Jepang. Satu lagi bukti bahwa orang Jepang lebih mementingkan investasi jangka panjang.

Description: Tokyo Disneyland

Pada tahun 2001, The Oriental Land Company membuka lagi taman hiburan Disney yang kedua, tepat disamping Tokyo Disneyland yaitu Tokyo DisneySea, yang kemudian dinyatakan sebagai taman hiburan termahal yang pernah dibuat manusia.

Alamat:
1-1 Maihama Urayasu 
Chiba 279-8511
(047) 310-0733
www.tokyodisneyresort.co.جب


6. Persimpangan Shibuya

Entah kenapa, persimpangan di distrik Shibuya ini selalu menjadi hasil jepretan para turis mancanegara. Mungkin karena lautan manusia-nya yang berjalan melewati persimpangan ini setiap beberapa menit sekali.



Persimpangan Shibuya
Persimpangan Shibuya

Persimpangan tersibuk di seluruh Jepang ini terletak persis di depan pintu keluar Stasiun Shibuya Hachiko. Juga menjadi lokasi shooting film Hollywood berjudul "Lost in Translation" serta "The Fast and the Furious: Tokyo Drift".



7. Kereta Api & Subway

Jaringan kereta api merupakan bagian penting yang membuat kota Tokyo menjadi hidup. Lebih dari 20 juta - yup, 20 juta orang - lalu lalang menggunakan alat transportasi massal ini setiap harinya.
Kereta Api & Subway 

Tak heran kalau stasiun kereta di Tokyo dinobatkan sebagai stasiun kereta yang paling sibuk di dunia. Dari para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai ke para wisatawan yang rela berdesak-desakan di dalam gerbong adalah pemandangan yang sudah biasa terlihat setiap harinya.

Kalau kamu jalan-jalan ke Tokyo tapi belum pernah naik kereta apinya, maka kamu belom pernah ke Tokyo.



8. Ginza

Pada awal tahun 1900-an, distrik Ginza adalah lingkungan kelas atas di pusat kota Tokyo. Dengan sentuhan gaya Barat, distrik ini dibangun dengan bangunan batu bata dan jalan-jalan yang diaspal. Ginza menjadi tempat banyak orang muda nongkrong supaya tidak dibilang ketinggalan jaman.
Distrik Ginza 

Pada tahun 1923, gempa bumi dengan kekuatan 8,2 Skala Richter menyerang dan meratakan Ginza sampai ke tanah, yang kemudian memaksa pemerintah kota melakukan rekonstruksi besar-besaran. Sekarang pun Ginza tetap menjadi ikon kemewahan di Tokyo dengan banyaknya label fashion dunia seperti Chanel, Dior dan Gucci yang membuka bisnisnya disana.




9. Yodobashi Akiba

Inilah surga bagi pencinta gadget yang mempunyai dompet tebal. Kalau kamu hanya punya satu kesempatan untuk mengunjungi satu toko elektronik di Tokyo, maka kamu harus datang ke Yodobashi Akiba.


Description: Yodobashi Akiba

Dimiliki oleh perusahaan elektronik, Yodobashi Camera Co.,Ltd. (ヨドバシカメラ), mall elektronik terbesar di Jepang dan mungkin di seluruh dunia ini dibangun menjulang 8 lantai keatas. Dari kamera, komputer, televisi, mesin cuci sampai ke mainan-mainan favorit para otaku tersedia lengkap disini.

Alamat:
Yodobashi Akiba
1-1 Kanda Hanaoka-Cho, Chiyoda-ku
+81(0)3.5309.١٠١٠




10. Roppongi Hills

Pada tanggal 23 April 2003, Roppongi Hills diresmikan dan dibuka aksesnya kepada publik di distrik Roppongi, Minato, dan langsung dipuji sebagai kawasan yang mengubah wajah Tokyo untuk selamanya.


Description: Roppongi Hills

Description: Roppongi Hills

Dimiliki oleh pengusaha real estate terkenal, Minoru Mori, Roppongi Hills adalah mega-komplek yang terdiri dari perkantoran, apartemen, perumahan, hotel, toko-toko, restoran, bioskop, museum, dan bahkan sebuah taman kecil yang indah.

Mori-san pernah menyatakan bahwa visinya adalah untuk membangun sebuah tempat dimana orang bisa hidup, bekerja, bermain dan belanja di satu tempat, sehingga mereka bisa meningkatkan waktu luang dan kualitas hidup mereka. Roppongi Hills adalah jawabannya. Fasilitas super lengkap nan mahal. Tidak butuh waktu lama untuk Roppongi Hills menjadi lahan incaran para ekspatriat yang bekerja di Tokyo.

0 komentar:

Post a Comment

Yoku renshuu shite kudasai ne. Practice it often. Sering-sering berlatih ya