Share

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Jepang

Nyambung lagi, belajar Bahasa Jepangnya (Nihon-Go no Benkyo日本語の勉強)
Perkenalan Diri (Jikoshoukai自己紹介)
Hajimemashiteはじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desuわたしはです = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)


Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.
1.    Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
o    Hajimemashite, はじめまして.
2.    Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
o    Watashi wa … desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
o    Watashi no namae wa … desu, わたしの名前は…です = Nama saya adalah …
o    Namae wa … desu, 名前は…です = Nama (saya) adalah …
o    Watashi wa … to moushimasu, わたしは…と申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
3.    Mohon bombingannya.
o    Yoroshikuよろしく
o    Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
o    Douzo yoroshiku onegai shimasuどうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.
Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :
Watashi wa Indoneshia no Andi desuわたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.
Watashi wa Indoneshia jin desuわたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.
Watashi wa Indoneshia kara kimashitaわたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.
Watashi wa sensei desuわたしはせんせいです = Saya adalah guru.
Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :
Kochira koso yoroshiku onegai shimasuこちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.
Contoh Percakapan :
Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.
·          Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.
·          Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.
Kosa Kata Baru :
·         Na-ma-e, 名前 = nama
·         Sen-sei, せんせい = guru
·         Ga-ku-seiがくせい = mahasiswa
·         Ka-i-sya-inかいしゃいん = karyawan
·         Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi
·         I-sya, いしゃ = dokter
·         Kan-go-fu, かんごふ = perawat
·         Hi-syo, ひしょ = sekretaris
·         In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia
·         A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)
·         Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko
·         Fu-ran-suフランス = Perancis
·         I-gi-ri-suイギリス = Inggris
·         Oo-su-to-ra-ri-a-ストラリア = Australia

0 komentar:

Post a Comment

Yoku renshuu shite kudasai ne. Practice it often. Sering-sering berlatih ya